Jumat, 07 Maret 2014

MALANG--Arema Cronus optimistis enam pemainnya yang terlibat di tim nasional (Timnas) senior tidak mengalami degradasi stamina. Mereka tetap bakal diproyeksikan menghadapi Hanoi T&T di laga Grup F AFC Cup, Selasa (11/3) mendatang.

Enam pemain Arema dijadwalkan tiba di Malang pada Jumat (7/3) malam, yakni Ahmad Bustomi, Kurnia Meiga, Victor Igbonefo, Christian Gonzales, Gede Sukadana dan Irsyad Maulana. Dari keenamnya, hanya Victor Igbonefo dan Kurnia Meiga yang tampil penuh lawan Arab Saudi.

Sedangkan Ahmad Bustomi bermain sekitar 25 menit, lainnya tidak sempat diturunkan oleh Pelatih Timnas Alfred Riedl. Praktis yanya Victor dan Meiga yang menjadi perhatian pelatih karena staminanya terkuras di pertandingan Pra Piala Asia tersebut.

Pelatih Arema Cronus Suharno sejauh ini tidak mengkhawatirkan kondisi fisik enam pemain yang juga harus menempuh penerbangan panjang ke bagian barat benua Asia. Walau begitu dirinya menyiapkan recovery jika memang dibutuhkan.

"Jika Jumat malam sudah sampai di Malang, jadi ada waktu tiga hari untuk istirahat dan itu normal. Tapi kalau memang ada yang kondisinya drop, saya akan memberikan recovery penuh misalnya dengan meliburkan dari aktivitas latihan," terang Suharno.

Jarak pertandingan antara Timnas dan AFC Cup juga sangat ideal atau sekitar sepekan. Namun Arema tetap harus memantau pemainnya dengan cermat mengingat laga kontra Hanoi T&T diprediksi tidak mudah dan tuan rumah sangat mengidamkan angka penuh.

Victor Igbonefo misalnya. Dia berjibaku selama 90 menit penuh menghadang gempuran pemain Arab Saudi. Demikian pula dengan Kurnia Meiga yang jatuh-bangun membuat banyak penyelamatan. Keduanya tentu diharapkan tetap bermain dalam level terbaik.

"Mereka sebelumnya sudah latihan secara intensif bersama Timnas. Saya percaya dengan kekuatan fisik semua pemain. Tapi tetap saja harus dipantau bagaimana kondisi terakhirnya. Kalau soal cedera, syukurlah semuanya sehat dan tidak ada cedera sedikit pun," urainya.

Tidak ditampilkannya beberapa pemain oleh Alfres Riedl juga menjadi keuntungan bagi Singo Edan. Irsyad Maulana, Christian Gonzales dan Gede Sukadana, kondisinya sangat fresh. Ahmad Bustomi pun nyaris tak kelelahan karena hanya diturunkan seperempat pertandingan.

Artinya, ancaman kelelahan pemain sebenarnya sangat minim bagi tim kebanggaan Aremania. Sebagian besar pemain yang dipanggil Timnas justru lebih terkuras karena lamanya waktu tempuh penerbangan. Di lapangan hanya Victor yang paling menguras keringat.

Sementara itu, rombongan tim Hanoi T&T direncanakan Sabtu (8/3) sudah menginjakkan kakinya di Malang. Sebenarnya, berdasar regulasi AFC, tim tamu ditanggung akomodasi oleh tuan rumah sejak dua hari sebelum laga. Dengan demikian tim asal Vietnam itu menanggung akomodasi sehari di Malang karena datang lebih cepat.

Kedatangan tim tamu yang sehari lebih dini, dianggap wujud keseriusan mereka dalam persiapan menantang Arema. Tidak mengherankan jika tuan rumah tidak mau berkoar terlampau tinggi memghadapi pimpinan klasemen sementara Grup F tersebut.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!